Search

Profil Nagari Koto Gadang Koto Anau Kec Lembang Jaya Kab Solok | KKN UNP Tematik 2024

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program yang diadakan oleh perguruan tinggi untuk melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pelayanan masyarakat di berbagai wilayah. Program ini nanti bertujuan untuk mengintegrasikan pembelajaran teori dengan pengalaman langsung di lapangan, sehingga mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajarinya dalam mengatasi permasalahan masyarakat

Kami mahasiswa kkn tematik unp 2024 kelompok 1.

Koto Gadang Koto Anau adalah sebuah nagari di Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.yang termasuk ke dalam wilayah Luhak Kubuang Tigo Baleh Nagari ini terletak di kaki Gunung Talang, berada pada ketinggian 1500 meter dari permukaan laut dengan topografi daerah berbukit-bukit dan lurah terjal yang dalam.

Secara geografis letak nagari ini terlihat unik. Bentuknya mengerucut bagaikan piramid, kucuik ka ateh kambang ka bawah. Nagari ini digerayangi air bandar yang berliku mengikut letak rumah penduduk yang tidak tertata. Bandar air itu disebut ula lidi mambalik Koto. Hampir tidak ada halaman rumah yang tidak dialiri air bandar yang jernih ini

Di langsir dari media solokkab,Go id juga dari referensi media lain Nagari Koto Anau memiliki luas wilayah 48 Km2 yang terdiri dari areal persawahan 1.300 Ha, tegalan/ladang 1.550 Ha, perumahan 800 Ha, dan lain-lainnya 1.550 Ha. Berdasarkan letak geografisnya, Nagari Koto Anau sebelah utara berbatasan dengan Nagari Muara Panas (Kecamatan Bukit Sundi), sebelah selatan dengan Nagari Batu Banyak dan Limau Lunggo, sebelah barat dengan Nagari Cupak (Kec. Gunung Talang) dan Sungai Janiah (Kec. Gunung Talang), sebelah timur berbatasan dengan Nagari Parambahan (Kec. Bukit Sundi).di

Di bagian tengah nagari, dengan tanjakan yang lumayan tajam, terdapat jalan raya yang menghubungkannya dengan beberapa nagari tetangga dan kota Solok. Jalan raya itu selalu dilalui bus menuju perkampungan di pinggiran Danau Kembar (Danau Diatas dan Danau Dibawah). Bunyi raungan mobil mendaki jalanan selalu membelah keheningan nagari Koto Anau yang damai. Letak ataupun posisi jalan itu bagaikan sisiran rambut belah di tengah. Jalan raya ini dinyatakan dengan kiasan sega rambuik mambalah banak. Di Nagari koto Anau ini hanya ada 3 suku yg umumnya ada di minang kabau yaitu suku Caniago, Malayu dan suku Tanjung

Nagari Koto Anau merupakan bagian dari konfederasi Kubuang Tigo Baleh yang secara adat disebut sebagai “Nagari Adik”. Asal-usul nama Nagari Koto Anau berasal dari kata koto anam yang berarti enam buah koto (kampung) yaitu “Anam Koto di Dalam” dalam wilayah Kerajaan Koto Anau masa lalu yang meliputi Tanah Sirah, Koto Gadang, Batu Banyak, Koto Laweh, Limau Lunggo, dan Batu Bajanjang. Dalam perkembangan sejarahnya, setelah Kerajaan Koto Anau tidak eksis lagi, Batu Banyak, Koto Laweh, Limau Lunggo, dan Batu Bajanjang kemudian memisahkan diri dan membentuk nagari sendiri. Hanya Tanah Sirah dan Koto Gadang yang masih bertahan dan tetap menggunakan nama Koto Anau untuk menyebut nama nagarinya. Nama Nagari Koto Anau kadang-kadang juga disebut Koto Gadang karena pusat nagarinya berada di Koto Gadang

Rumah Gadang Koto Anau menjadi salah satu cagar budaya tidak bergerak yang ada di Kabupaten Solok, Sumatra Barat (Sumbar).Rumah Gadang Koto Anau tercatat sebagai cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatra Barat (Sumbar) dengan nomor inventaris 08/BCB-TB/A/15/2007.


Nagari Koto Anau berpenduduk 8146 jiwa (2018) terdiri dari 4032 laki-laki dan 4108 perempuan.

Nagari Koto Anau terdiri dari 12 jorong, yakni :

1. Aie Angek, 2. Balai Tinggi 3. Kandang Jambu, 4. Kayu Kalek,5. Kurai,6. Lembang 7. Pakan Kamih, 8. Panta, 9. Pasar 10. Tabek Lacu 11. Tanah Sirah, 12. Timbulun

Tidak hanya itu di nagari koto gadang koto anau juga menyediakan banyak  fasilitas seperti,

Fasilitas Kesehatan

Puskesmas Pembantu : 3 Unit

Fasilitas Agama

Masjid : 9 Unit

Mushala : 42 Unit

Fasilitas Wisata

Aia Angek Bukik Gadang , ini merupakan objek wisata yang ramai yaitu wisata aie angek yang ramai di kunjungi berbagai Masyarakat luas bukan hanya Masyarakat lokal, namun pengunjung nya juga ramai dari luar kota seperti padang, sijunjung dan banyak lagi orang orang yang berkunjung.

Lokasi Rumah Gadang Koto Anau ini tepatnya berada di Jorong Lembang Jaya, Nagari Koto Antau, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Pasar Koto Anau yang dahulu merupakan gudang cengkeh terbesar dan sangat ramai dikunjungi oleh para pedagang dari berbagai daerah di Sumatera Barat, sekarang sudah tidak ada lagi. Bekas pasar tersebut sekarang telah menjadi lokasi gedung SMA Negeri 1 Lembang Jaya.

Menurut portal berita editor bpnb sumbar,  cuacaa di koto gadang koto anau tergolong bersahabat dengan empat musim yang tidak terlalu ekstrem. Hal ini memungkinkan para peternak dan petani untuk beraktivitas dengan optimal sepanjang tahun. Selain itu, lingkungan yang asri dan bebas polusi menjadi nilai tambah bagi kualitas produk hasil ternak dan hasil pertanian.

Udara sejuk dan ketersediaan pakan alami yang melimpah menjadikan Nagari Koto Gadang Koto Anau sebagai tempat yang ideal untuk peternakan sapi, kambing , ayam dan juga itik, terlepas dari itu ada juga ikan yang dapat di ambil atau di manfaatkan untuk makkan sehari hari. Hasil ternak seperti susu, daging, dan kulit berpotensi diolah menjadi berbagai produk UMKM yang bernilai ekonomis tinggi.

Di bawah hamparan kaki gunung talang kita dapat melihat indahnya hamparan hampran sawah yang menyebar luas di sepanjang nagari koto gadang koto anau , Kesuburan tanah dan curah hujan serta udara yang sejuk sangat memadai memungkinkan budidaya berbagai jenis tanaman pangan, hortikultura, dan Perkebunan nahh contohnya kemiri, cengkeh, talas, tomat dll

Dari hasil pertanian yang melimpah itu sangat membantu perekonomian Masyarakat, Masyarakat banyak memanfaatkan hasil tani yaitu talas, yang ddi olah menjadi kripik dengan berbagai rasa serta krupuk jangek atau yang kita tahu yaitu krupuk kulit. dapat kita lihat usaha usaha seperti ini yang seharusnya kita kembangkan, dan lebih kenal kan pada masyrakat luas di luar nagari koto gadang koto anau agar semakin mengaplikasikan inoivasi inovasi yang update sejalan dengan semakin berkembangnya teknologi dan pasar digital, serta marketing digital.

Melihat adik adik kecil bermain serta menikmati keindahan menunjukan bahwasannya daerah nagari koto gadang koto anau ini sangat cocok untuk hidup bernasyakarat dan hidup damai serta tenang, masyakarat disini sangat ramah Tamah hangat dalam antusias membantu segala bentuk kegiatan dan program yang mahasiswa laksanakan.

Kami mahasiswa kkn kelompok 1 tematik mengucapkan  beribu terima kasih banyak kepada perangkat kenagarian koto anau, yang di mana titik  awal penyambutan kami maha siswa kkn dengan hangat selanjutnya kami juga berterima kasih pada kepemudaan di nagari  koto anau  khususnya jorong tanah sirah yang jelas telah banyak membantu kami baik dari muril ataupun materil. Sebulan kami berkiprah melakukan pengabdi pada Masyarakat banyak sekali ilmu yang kami dapat.

 Sekian dari kami mahasiswa kkn kelompok 1 tematik unp 2024, ketiko ado kesalahan kok talontuang dek ka naiak, tasingguang dek ka turun kami minta mohon maaf assalamualaikum warahmatulohi wabarokatu.

0 Comments